17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Gratis dan Berbayar

17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Gratis dan Berbayar

Munculnya kehidupan kedua di media sosial juga turut membuka peluang baru. Hal ini membuat aplikasi edit video PC baik yang gratis maupun berbayar sangat dicari banyak orang. Tidak hanya para video maker profesional saja, bahkan banyak pemula yang turut mencari aplikasi seperti ini.

Di Youtube sendiri, per tahun 2019, tiap hari minimal ada 100 juta video yang ditonton. Benar-benar ladang basah karena melalui aktivitas bikin dan share video, bisa mendapatkan uang dari Adsense. Tanpa kenal batas waktu. Asalkan aktivitas di media sosial masih ramai sehingga menarik minat para brand owner untuk menerapkan strategi pemasaran di sana.


Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC yang Gratis dan Premium

Bagi video maker, tentu kesehariannya tak terlepas dari senjata andalan berupa aplikasi. Terutama yang bisa digunakan via PC. Jika beberapa waktu lalu HoriLINE membahas tentang aplikasi edit foto di android, kali ini kami akan membahas aplikasi edit vidio yang memang cukup banyak dicari. Selama ini, manakah aplikasi yang Anda pakai? yuk simak rekomendasi kami.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC yang Gratis

1. Blender

Aplikasi edit video PC ini pertama kali diperkenalkan oleh Ton Roosendaal pada tahun 1988. Blender punya keunggulan di atas rata-rata dalam hal pembuatan video animasi 3 dimensi. Terutama di antara ribuan aplikasi edit video yang open source atau gratis.

Sistem operasi apa saja sih yang bisa mengakses fasilitas dari Blender ini?
  • IRIX
  • Linux
  • Microsoft Windows
  • Solaris
  • OpenBSD
  • Dan masih banyak lagi
Biasanya, Blender lebih sering digunakan untuk rigging, sculpting, modeling, rendering, shading, hingga pengaturan komposisi. Enaknya, hampir tiap tahun selalu saja ada versi terbaru yang lebih lengkap dan tetap ringan.

2. Avidemux

Sama seperti Blender, aplikasi edit video PC free yang ini juga open source. Jadi, Anda tidak perlu keluar biaya sepeser pun untuk menikmati beragam fasilitas yang disediakan. Fungsi umum Avidemux bisa untuk menyaring, memotong, serta encoding video secara sederhana. Adapun format yang mendukung hasil akhir antara lain MPEG, AVI, MP4, hingga ASF.

Apakah Avidemux didukung penuh oleh sistem operasi seperti Windows dan Linux? Betul. Uniknya, Avidemux bisa bekerja secara otomatis karena memiliki keunggulan dalam hal scripting.

3. Shotcut

Di antara sekian banyak jenis aplikasi edit video PC, sudah pernah dengar nama Shotcut atau belum? Fitur-fitur yang tersedia begitu komplet. Bahkan bisa untuk meng-capture video via webcam yang tengah berjalan.

Pada saat melakukan proses penyuntingan, Anda bisa mengunci kontrol pada trek, mendiamkan, hingga menyembunyikan playlist lagu. Khususnya ketika ingin memberikan sentuhan efek backsound pada video agar terasa lebih bernyawa.

4. VSDC Free Video Editor

Suka dengan aplikasi edit video pc tanpa watermark yang memunculkan preview secara real time? Coba deh pakai aplikasi ini. Format yang kompatibel antara lain MWV, MKV, AVI, FLV, hingga MOV.

Menurut para pakar video maker, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pemula. Sebab, fitur dan tombol fungsi yang menyertainya cukup mudah digunakan. Bahkan tidak perlu terlalu banyak menyimak tutorial via Youtube pun sudah bisa.

Apa sih kelebihan dari VSDC Free Video Editor?
  • Proses instalasinya sangat cepat dan tidak makan banyak ruang
  • Bebas dari watermark, lisensi, dan sebagainya
  • Proses penyisipan transisi pada video cukup cepat
  • Mendukung secara penuh format video terpopuler yang ada di dunia saat ini

5. Openshot

Di awal-awal rilis, aplikasi Openshot hanya bisa dioperasikan menggunakan sistem operasi dari Linux. Tapi, sekarang sudah bisa diakses menggunakan Microsoft Windows.

Sama seperti keempat aplikasi edit video pc ringan sebelumnya, Openshot juga open source atau bebas digunakan tanpa harus membayar mahar untuk menebus lisensi. Apakah aplikasi ini ramah untuk pemula? Betul. Lalu, apa saja sih kemampuan yang tersemat di dalamnya?
  • Proses transisi dijalankan secara otomatis
  • Terdapat beberapa efek khusus seperti chrome key, alpha mask, hingga, colour saturation
  • Mudah saat melakukan pengamatan alur video versi mikro dengan cara mengecilkan atau membesarkan klip
  • Sangat mendukung format video yang populer serta MOV, OGG, MP4, serta AVI
  • Bisa dikawinkan dengan teknik modeling yang lebih dahulu dibentuk lewat aplikasi Blender

6. VideoPad

Banyak dari kalangan Youtuber yang menggunakan aplikasi buatan NCH ini. Bahkan jika ditinjau dari segi kelengkapan fitur, VideoPad masih lebih unggul dibandingkan Movie Maker. Ukurannya saja cuma 5,3 MB.

Di VideoPad, Anda bisa menstabilkan, mempercepat, serta menambah ribuan efek ke dalam video. Pada waktu proses rendering juga tidak memakan waktu lama. Ukuran yang dihasilkan juga sangat standar dengan video-video terbaik di Youtube.

Ketika video sudah selesai dibuat, bisa langsung diunggah ke media sosial seperti Youtube dan Facebook melalui shortcut yang ada. Kalau mau menambahkan plugin juga bisa. Misalnya ketika ingin menambahkan foto, efek, dan sebagainya.

7. Machete Lite

Berhubung ada versi “lite”-nya, maka dari segi ukuran memang sangat kecil, yakni hanya 4,5 MB. aplikasi edit video pc ringan gratis ini paling enak jika difungsikan menggunakan sistem operasi dari Microsoft Windows. Baik yang sudah generasi ke-10, 8, 7, atau bahkan versi XP pun sangat kompatibel.

Sebetulnya ada sih aplikasi indukannya yang bernama Machete. Hanya saja, buat pemula, masih lebih disarankan menggunakan versi lite-nya. Saat ini, format yang kompatibel dengan Machete Lite hanya AVI dan WMV.


8. iMovie

Aplikasi ini merupakan besutan dari Apple dan sangat cocok untuk para penikmat film bergaya Hollywood. Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup dengan menambahkan judul, efek, klip, dan judul. Sisanya tinggal gali kreativitas yang kemudian dikonversi ke dalam script.

Aplikasi iMovie juga mendukung kualitas video 4K. Kemudian didukung pula dengan efek sentuhan yang sinematik seperti nostalgia, vintage, monokrom, hingga western. Menu filter tersebut bisa diterapkan untuk satu klip atau bisa juga secara keseluruhan video.

Khusus untuk pengguna MacBook Pro, sudah ada fitur berupa touch bar yang sangat revolusioner. Kelebihannya, proses mengekspor ataupun mengedit video jadi sangat cepat. Biarpun kualitas video yang dihasilkan sebesar 4K.

9. HitFilm Express

Berawal dari tahun 2011, HitFilm Express terus meningkatkan kualitas fiturnya. Sekarang bahkan sudah ada generasi keempat yang bisa dinikmati secara gratis. Apa saja sih kelebihan yang dimiliki aplikasi edit video PC ini?
  • Terdapat fitur 3D dan 140+ built in 2D
  • Memiliki opsi berupa proxy, kemudahan dalam pelacakan, dan sebagainya
  • Cocok digunakan untuk membuat film berkomposisi 3D

10. Lightworks

Umumnya, para profesional menggunakan aplikasi edit video PC premium ini untuk kepentingan komersial. Sebab, tidak hanya berfungsi untuk menyunting video, tetapi juga bisa sekaligus memproduksinya.

Untuk sistem operasinya sendiri masih betah dengan kualitas fitur yang ada pada Linux, MAC, serta Windows. Dengan kata lain, Lightworks benar-benar aplikasi kelas atas karena desainnya secara keseluruhan sudah lulus uji dari para editor video profesional.

Berbekal pengalaman selama lebih dari 25 tahun, Lightworks bahkan sudah pernah digunakan untuk pembuatan film-film populer. Sebut saja Pulp Fiction, Mission Impossible, serta Hugo.

11. AVS Video Editor

Para editor video profesional seringkali menyamakan kelengkapan fitur yang ada pada AVS Video Editor dengan aplikasi Adobe Premiere Pro. Hanya saja, ukuran aplikasi ini cukup kecil, yakni hanya 140-an MB.

Fitur umum yang ada pada AVS Video Editor meliputi proses pemotongan, efek animasi, serta filter video agar hasilnya sesuai keinginan. Sebut saja video effect, transision, text effect, hingga voice.

12. Freemake Video Converter

Meski bernama Freemake Video Converter, bukan berarti hanya bisa mengubah format video. Akan tetapi, aplikasi edit video pc tidak berbayar ini juga bisa untuk merotasi, menyisipkan musik, serta memotong bagian video.

Setidaknya, sampai sekarang ada 200 format video yang telah didukung oleh Freemake Video Converter. Misalnya MTS, 3G2, MP4, AVI, FLV, TOD, AVCHD, dan masih banyak lagi.

Ukuran aplikasinya sendiri cuma 14 MB. Tapi tetap memerlukan koneksi internet yang kuat agar proses konversi video bisa lancar dari awal hingga akhir. Biasanya tidak mengalami kendala kok. Aplikasi ini juga sudah didukung oleh lebih dari 40 situs website ternama di dunia.

13. Window Movie Maker

Bisa dibilang, Window Movie Maker ini salah satu yang menginspirasi para developer untuk membuat beragam aplikasi edit video PC sejenis. Eksistensinya sendiri sudah dikenal luas selama bertahun-tahun lalu.

Jenis file yang bisa diakses lewat Movie Maker antara lain yang memiliki format WMV, WM, MPV2, AVI, hingga MPEG. Melalui fitur impor file, Anda bisa mengedit video sesuka hati. Misalnya impor video dari kamera digital yang sebelumnya digunakan untuk mengambil momen pernikahan teman.

Video yang dihasilkan setelah melalui serangkaian editing, bisa mencapai durasi lebih dari 20 jam. Oleh karena itu, siapkan memori yang memadai lebih dahulu agar tidak terjadi crash saat menyimpan hasil akhir.

14. VirtualDub

Untuk pengaturan versi default, aplikasi edit video PC ini memang hanya mendukung format AVI. Tapi untuk impor file, masih bisa kok mengakses video dengan format MP4, MKV, dan WMV.
Kemampuan fitur yang tertanam dalam VirtualDub meliputi split & trim, menggabungkan, memutar, mengompres, hingga menambahkan logo ke video.

Suatu kali, ketika lagi asyik-asyiknya edit video, tiba-tiba punya keinginan untuk mengambil gambar pada video. Bagaimana caranya? Mudah saja. Sebab, di VirtualDub ada pula fitur untuk mengambil snapshot. Siapa tahu ingin berbagi pengalaman menggarap proyek editing video ke sosial media.

15. Pinnacle Studio

Aplikasi ini cukup ringan karena hanya membutuhkan PC dengan spesifikasi minimal RAM 1 GB dan Intel Core generasi ke-2. Sejak tahun 2005, Pinnacle Studio rajin berevolusi dari masa ke masa. Sampai akhirnya mencapai versi ke-17 pada tahun 2013. Bisa jadi akan terus berkembang berhubung yang meminati cukup banyak.

Pinnacle Studio juga sudah membekali para pembelajar dengan adanya DVD berisi tutorial dasar hingga level menengah. Jadi, Anda bisa belajar secara otodidak karena fitur yang ada di Pinnacle Studio sangat mudah dipahami.

Saat mengedit video lewat aplikasi ini, Anda bisa menambahkan efek 3D ataupun 3D. Memang sih skala kualitasnya masih belum bisa menandingi studio ala produksi film di Pixar atau studio besar lain. Tapi sudah lebih cukup jika ditujukan untuk presentasi saat mengenalkan proyek film via Youtube atau khalayak.


16. Cinelerra

Proyek pembuatan aplikasi edit video PC ini sudah tersiar jauh-jauh hari sebelum tahun 2000. Kebayang kan betapa lamanya kiprah Cinelerra di area editing video.

Pada bulan Mei tahun 2003, Cinelerra mendapatkan penghargaan sebagai The World’s 1st 64-bit Non-Linear Editor. Dengan pencapaian tersebut, tentu tak ada lagi yang meragukan kualitasnya. Semua fitur yang fungsikan untuk editing, pemberian efek, serta titling, sudah tersedia dalam satu paket aplikasi.

17. Kdenlive

Kalau ingin menggunakan aplikasi ini, siapkan dulu PC dengan bekal sistem operasi dari Windows, Mac OS, serta Linux. Setelah itu tinggal unggah lewat situs resminya. Aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma. Ukurannya sendiri hanya 150 MB. Sangat pas jika digunakan oleh komputer level entry.

Kemampuan dari Kdenlive bisa digunakan untuk proses mixing pada beberapa tipe file seperti gambar, suara, serta video yang sudah ada. Kemudian pada waktu proses rendering, jangan lupa untuk menggunakan tombol fungsi shutdown after render. Mengingat proses tersebut biasanya makan waktu cukup lama hingga berjam-jam.


Setelah berkenalan dengan 17 aplikasi edit video PC yang tertera di atas, sebaiknya maksimalkan satu dulu. Kenali plus-minusnya agar tahu celah dan bisa memanfaatkan fitur yang dibutuhkan lewat aplikasi lain. Para profesional juga begitu. Mereka biasanya menggunakan lebih dari 3 aplikasi untuk memproduksi film hingga mencapai titik sempurna.

Belum ada Komentar untuk "17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Gratis dan Berbayar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel